blogger templates

Aspek Keamanan Komputer

Kasus Integrity
HEBAT!! Hacker Indonesia Tembus Halaman Admin Facebook
http://epento.com/hebat-hacker-indonesia-tembus-halaman-admin-facebook/
Tentu kalau mendengar berita soal account profile Facebook teman kita yang di hack, itu hal yang biasa. Tapi kali ini ada hal yang jauh lebih luar biasa. Luar biasa karena kali ini yang dihack adalah halaman Administrator Facebook langsung! Halaman dimana setiap settings/pengaturan terkait layanan Facebook ini dilakukan.
Dan, luar biasa yang kedua adalah bahwa yang melakukan itu semua ternyata seorang hacker Indonesia (!) berinisial Bi4kkob4r. Kalau kita telusuri melalui mbah Google, maka akan kita dapati situsnya beralamatkan dihttp://bi4kkob4r.net/
Dan luar biasa yang ketiga, adalah bahwa ternyata Bi4kkob4r ini bukanlah gambaran sosok hacker yang mengerikan seperti yang banyak digambarkan oleh kebanyakan orang yang diimajinasikan sebagai kelompok perusak, pencuri, dan segudang cap negatif lainnya (walau sebenarnya ciri-ciri seperti itu lebih tepat disandangkan untuk para cracker dan bukan hacker). Bi4kkobar ini hanya menunjukkan bahwa ia mampu menembus sistem keamanan situs Facebook tanpa melakukan pengubahan apapun terhadap situs tersebut. Untuk itulah kemudian ia mendapatkan reward dari pihak Facebook uang sebesar $2.000.
Nah, siapa bilang anak-anak bangsa Indonesia tidak bisa tampil unjuk gigi dalam bidang networking security di tingkat dunia? Dan semoga sikap Bi4kkob4r ini juga bisa diteladani oleh hacker-hacker (culun) Indonesia lainnya agar tidak cuma bisa merusak account Facebook orang lain yang cuma akan mendapatkan sumpah serapah.

Kasus Confidentiality
“Dari Jaman Soeharto Ribuan Dokumen Bocoran Wikileaks”
Sunday, 5 December 2010. 03:15
http://koranmuslim.com/2010/dari-jaman-soeharto-ribuan-dokumen-bocoran-wikileaks/
JAKARTA (Berita SuaraMedia) – Situs Whistleblower WikiLeaks akan membocorkan sekitar 3.059 dokumen yang berkaitan dengan Kedubes AS di Jakarta. Kawat diplomatik yang dipublikasikan tercatat sejak era Presiden Soeharto hingga Presiden SBY.
Seperti dilansir WikiLeaks, Sabtu (4/12/2010), data yang muncul sejak 19 November 1990 hingga 27 Februari 2010. Tema yang dibahas menggunakan kode khusus seperti PTER, PREL, PGOV, PHUM, KTIP, KCRM, KWMN, SNIG, KFRD, ASEC, PREF, ELAB, dan KMCA. Belum semua kode-kode ini bisa diterjemahkan. Namun beberapa sudah bisa diketahui artinya. PTER adalah kode untuk isu terorisme, PREL kode untuk hubungan diplomatik dengan luar negeri, sementara PGOC menyangkut permasalahan dalam negeri. PHUM adalah untuk tema Hak Asasi Manusia. Artinya akan ada kasus-kasus pelanggaran HAM yang akan dibongkar WikiLeaks. Ada juga ELAB yang terkait dengan isu-isu buruh dan tenaga kerja. Sedangkan PREF adalah soal pengungsi. Yang tentunya akan menarik adalah dokumen Kedubes AS di Jakarta bertema ASEC. Ini adalah isu pertahanan.

Kasus Confidentiality
Wikileaks Indonesia. Dokumen Rahasia Terkait Indonesia di WikiLeaks.
http://www.newoes.com/wikileaks-indonesia/
WikiLeaks mulai sedikit demi sedikit terdengar dengan berita heboh yang mereka punya. WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks.
WIKILEAKS sedang jadi perbincangan hangat. Situs yang mendedikasikan dirinya sebagai “ember” itu, lagi-lagi, merilis sejumlah dokumen rahasia. Kali ini, wikileaks.org mempublikasikan dokumen-dokumen kawat diplomatik yang bersumber dari 274 kedutaan besar Amerika Serikat di berbagai belahan dunia, termasuk dari Departemen Luar Negeri AS. Jumlah dokumennya ada 251,287 buah dan, hingga hari ini, yang dirilis belum sampai 300 dokumen. Dalam pernyataannya di situsnya, Wikileaks mengaku sengaja mencicil publikasi dokumen itu, agar masing-masing tema mendapat perhatian publik yang memadai. Bila dilepas sekaligus, rahasia negara yang penting bisa terlewatkan dari perhatian. Sejak Wikileaks merilis kawat-kawat rahasia itu, media sedunia berpesta pora memberitakannya. Berita-berita seksi bertaburan. Misalnya soal Belanda yang menyimpan nuklir titipan Amerika Serikat; Raja Arab Saudi meminta AS menyerang Iran; pendapat dan prediksi negarawan senior Singapura Lee Kwan Yew tentang Korea dan masa depannya; dan lain-lain. Tak kurang Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton kebakaran jenggot (meski tentu ia tak berjenggot), dan mengecam pembocoran dokumen-dokumen itu.
Julian Assange, pendiri Wikileaks, juga mulai diincar. Sebelum ini, dia pernah dicoba dijerat dengan tuduhan asusila. Itu tak membuat Wikileaks goyah. Yang membuat situs itu goyah justru adalah serangan maya ke server mereka. “Serangan DDOS kini melebihi 10 gigabit per detik,” demikian pernyataan Wikileaks di Twitter, Selasa (30/11) malam waktu Jakarta. Serangan DDOS (distributed denial of service) adalah ketika server Wikileaks dibanjiri trafik dari berbagai arah, yang bertujuan menghabiskan sumber daya server sehingga situs Wikileaks tak bisa diakses. Siapa pelakunya, wah, tak jelas. Nah, lalu apakah ada dokumen rahasia terkait Indonesia yang dirilis Wikileaks? Jawabannya: ada. Kawat diplomatik yang berasal dari Kedutaan Besar AS di Jakarta jumlahnya total ada 3059 buah. Dokumen aman alias tak rahasia jumlahnya ada 1510 buah. Sisanya adalah dokumen rahasia, dengan kategori “confidential” 1451 buah, dan kategori “secret” ada 98 buah.
Sejauh ini, dokumen yang menyebut Indonesia barulah yang “menyerempet” saja. Salah satunya adalah dokumen tentang seorang direktur di Departemen Pertahanan AS yang bertemu dengan asisten Menteri Luar Negeri AS, membicarakan situasi pascakunjungan Hillary Clinton ke Jakarta, 2009 lalu. Clinton sempat mengatakan AS mempertimbangkan menyediakan “payung pertahanan” bagi negara-negara Arab moderat untuk menghadapi nuklir Iran. Dalam dokumen yang berasal dari Kedutaan Besar AS di Tel Aviv itu, berklasifikasi “secret”, bertanggal 30 Juli 2009, pejabat Dephan AS agaknya sedikit mempermasalahkan pernyataan Hillary Clinton di Jakarta itu. Asisten Clinton lalu meluruskan, bahwa pernyataan bosnya bukan mengindikasikan perubahan kebijakan soal menghadapi Iran. Asisten itu juga menyalahkan para jurnalis peliput yang dianggap melebih-lebihkan pernyataan Clinton.ttp://www.tribunkaltim.co.id

Kasus Availability
Server Rusak, Pelayanan Buat KTP-KK Terhenti
Jumat, 23 Juli 2010
http://radarlampung.co.id/read/lampung-raya/lambar-waykanan/18888-server-rusak-pelayanan-buat-ktp-kk-terhenti
BALIKBUKIT – Kerusakan server untuk membuat kartu tanda penduduk dan kartu keluarga (KTP-KK) di Dinas Kependudukan, Catatan Sipil,
Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disdukcapilsosnakertrans) Pemkab Lampung Barat berimbas pada pelayanan. Tak hanya itu, tak terlihat pegawai di tempat pelayanan pembuatan KTP-KK. Akibatnya, warga yang datang mengeluh.
’’Saya ingin membuat akta kelahiran, namun pegawai yang biasanya menjaga tempat pelayanan itu tidak ada. Terpaksa, saya menunggu. Ketika saya bertanya ke pegawai yang lainnya, mereka bilang masih keluar. Setahu saya, alat pembuat KTP-KK yang rusak, tapi kenapa ketika saya ingin membuat akta kelahiran tidak ada petugas yang standby untuk melayani,” kata seorang warga Lambar, Dian kemarin.
Dia mengatakan, seharusnya para pegawai standby, meski ada kerusakan server. ’’Saya sangat kesal dengan para pegawai. Sebab, saya harus menunggu lama untuk membuat akta. Masalah ini harus menjadi perhatian pimpinan satker,” ucapnya.
Dikonfirmasi secara terpisah, Plt. Kadisdukcapilsosnakertrans Lambar Edy Yusuf mengatakan, meski ada kerusakan alat untuk pembuatan KTP-KK, pihaknya tetap memberikan pelayanan baik untuk membuat KTP, KK, maupun akta kelahiran. ’’Kemungkinan petugas kita yang bertugas menjaga loket sedang keluar. Namun, yang jelas kita tetap mengutamakan pelayanan dan ini hanya kesalahpahaman,” ungkapnya.
Atas kerusakan server, Edi mengucapkan permohonan maaf kepada warga yang ingin membuat KTP-KK. ’’Warga yang membuat KK-KTP sudah jelas merasa tidak nyaman dengan pelayaan yang ada sekarang. Namun, ini bukan kehendak kita,” terangnya.
Dia juga meminta maaf atas keteledoran para petugas penjaga loket pelayanan pembuatan KTP-KK. ’’Kita bukan tidak melayani masyarakat namun kita akan terus berbenah. Sehingga, kejadian seperti itu tidak akan terjadi lagi. Sebenarnya kerusakan server telah kita perbaiki dan rencananya hari ini (kemarin) bisa beroperasi. Namun setelah kita coba dan mesin itu sempat hidup, kembali rusak lagi. Kita berharap kerusakan ini secepatnya selesai dan akan beroperasi seperti biasa lagi,” pungkasnya. (edi/rnn/een)

Kasus Availability
Bom Email, Bukan Sekadar Bom Biasa
http://debuh.com/berita-internet/bom-email-bukan-sekadar-bom-biasa/16495/
Kebergantungan masyarakat terhadap internet ternyata dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu yang ingin bereksplorasi dengan dunia maya, atau sekadar bertingkah jahil. Tak heran, jika dewasa ini kejahatan di dunia maya kian marak mulai dari pembobolan kartu kredit, pengrusakan website, pencurian data perusahaan, hingga yang paling “kroco” adalah bom email (mail bomber).
Bagi para pecinta hacking dan cracking, bom email bukanlah hal baru. Aktivitas ini (nge-bom email orang lain dengan program tertentu) memang sudah menjadi hal lumrah bagi para pemain lama di dunia maya. Pencetusnya pun beragam, mulai dari yang iseng memenuhi rasa ingin tahu sampai balas dendam. Itulah sebabnya, jangan mudah memberikan alamat email Anda kepada orang yang tidak dikenal baik. Siapa tahu orang tersebut punya maksud tertentu.
Aktivitas mengebom email dapat dilakukan oleh siapa saja, tak hanya ahli, orang paling gaptek pun dapat melakukannya. Karena caranya cukup mudah.
1. Coba Anda daftarkan alamat email ke sebuah web, situs penjualan atau forum apa saja yang ramai dan sering mengirimkan email pemberitahuan produk ke membernya. Dijamin, dalam waktu sebulan, email sasaran tersebut akan dipenuhi lebih dari 200 email sampah. Efeknya tidak seberapa, hanya membuat perasaan pemilik email menjadi dongkol karena disibukkan dengan kegiatan menghapus pesan-pesan tidak penting.
2. Dengan menggunakan email bomber (semacam program khusus untuk mengebom email yang bisa diperoleh dari internet) siapa saja bisa dengan mudah mengirim bom ke email orang lain. Ada banyak macamnya. Tetapi, umumnya jika menggunakan program seperti email bomber, pesan yang masuk ke email masuk ke folder spam. Sehingga, kurang begitu berefek pada korban.Tetapi, lain cerita jika yang digunakan adalah program script mail bomber 2.0.
Program ini membuat Anda bisa dengan mudah menentukan berapa banyak email yang akan Anda kirim ke alamat target. Bahkan, Anda bisa mengirim 500 email hanya dengan satu kali KLIK. Bukan hanya itu, program ini juga dapat digunakan untuk mengirim lebih dari satu alamat email sasaran. Dijamin, kiriman Anda tidak masuk ke email spam, dan tentu saja efeknya langsung dirasa oleh pemilik emali (korban). Bayangkan, jika Anda menerima pesan sebanyak 500 email dengan isi yang sama persis dalam sehari?
Betapa menjengkelkannya hal itu. Efek seperti inilah yang akan dirasakan oleh pemilik email jika Anda tega mengiriminya bom email.Bagaimanapun, mengebom email orang lain dengan alasan apa pun tidak dapat dibenarkan. Dan, bagi Anda yang memiliki email, jangan bermudah-mudah menunjukkan alamat email Anda di forum umum. Tidak semua para pelaku bom email, bertindak “kurang ajar” karena memang berniat balas dendam. Sebagian, bahkan melakukannya hanya karena ingin tahu. Jadi, jangan sampai Anda menjadi sasarannya.

0 Response to "Aspek Keamanan Komputer"

Post a Comment